Wednesday, November 2, 2011

TRAGEDI YUE-YUE [CHINA RANCANG PAYUNG HUKUM]

[imagetag]
Foto : Kota Shenzhen, China (AFP) 
BEIJING, SMART NEWZ - Salah satu kota di bagian selatan China merancang hukum baru untuk melindungi seseorang yang menolong orang lain. Hukum baru ini dirancang pascatewasnya Yue Yue, balita yang ditabrak lari di Kota Foshan.

Para pejabat di Kota Shenzhen saat ini membuat rancangan hukum yang akan melindungi seseorang yang menolong orang lain dari segala macam tindakan hukum.

Sudah ada desakan di China agar menerapkan hukum baru tersebut setelah tewasnya Yue Yue, bocah yang ditabrak dua kali di Kota Foshan. Saat Yue Yue ditabrak, 18 orang di jalanan tampak berjalan dengan santai, seolah mereka tidak melihat apa-apa. Bocah malang itu pun tersungkur di jalanan. Kasus ini pun menjadi sorotan media. Demikian seperti diberitakan AFP, Rabu (2/11/2011).

Para pejalan kaki itu tampaknya khawatir, mereka akan dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab bila membantu Yue Yue. Pada 2006 lalu, kasus kecelakaan terjadi di China. Seorang sopir yang menabrak wanita tua langsung turun dan membantu wanita itu. Beberapa saat kemudian, sopir itu langsung didakwa.

Negara Barat termasuk Amerika Serikat (AS), Kanada, dan juga Australia sudah menggunakan hukum ini untuk melindungi para penolong dari segala macam tidnakan hukum. Prancis bahkan menerapkan aturan yang lebih keras, seseorang dapat diadili bila mereka gagal menyelamatkan jiwa orang lain yang sedang dalam bahaya.

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu