Wednesday, December 29, 2010

Makanan Penyuplai Energi Sepanjang Hari

Makanan Penyuplai Energi Sepanjang Hari. Sering merasa letih padahal baru beraktivitas 1-2 jam? Mungkin pilihan makanan Anda kurang tepat. Padahal dengan sedikit kecermatan, makanan yang bisa memasok energi sepanjang hari bisa dikonsumsi. Caranyapun gampang, simak yuk!
Makanan Penyuplai Energi Sepanjang Hari

Tak dapat dipungkiri, setiap asupan makanan akan mempengaruhi stok energi yang tersimpan di daalam tubuh. Tetapi pemilihan makanan yang tepat tidak hanya memberikan Anda energi seharian tapi juga mengurangi rasa lelah Anda. Menurut Julia VanTine dan Debra L. Gordon yang mengeksplorasi hubungan antara makanan dan energi dalam buku mereka "Maksimum Makanan Power untuk Perempuan", caranya mudah. Disiplin dengan waktu makan dan tepat mengkonsumsi jenis makanan akan memberi rasa kenyang dan berenergi sepanjang hari.

Saat merasa lelah dan jenuh, kadang tanpa sadar kita mencari pelarian dengan makanan atau minuman yang manis seperti soda, permen, dan juga kue-kue. Padahal karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis paling mudah rusak, dan tidak akan menghasilkan energi yang maksimal.

Kalori yang dibutuhkan dalam sehari kurang lebih 2000 kalori. Jika pilihan makanan tepat, kebutuhan kalori harian itu bisa dipenuhi tanpa bingung memilih makanan. Asupan kalori bisa dibagi misalnya untuk sarapan, makan siang dan makan malam sebaiknya tidak lebih dari 500 kalori. Sedangkan untuk camilan di antara sarapan dan makan siang, ataupun dengan makan malam sebaiknya 250 kalori. Jika kurang tinggal menyesuaikan saja.

Berikut ini adalah beberapa tips makanan yang menghasilkan energi menurut VanTine and Gordon:

Sarapan
Vitamin dan mineral sangat penting untuk membantu mengolah energi, jika asupan vitamin atau mineral kurang, maka akan mudah merasa lelah dan lesu. Memulai hari dengan vitamin C yang cukup sangat membantu menghasilkan energi. Cobalah meminum segelas jus jeruk setiap pagi. Jauhi sarapan manis seperti pancake, donat dengan topping gula, dan sejenisnya.

Mengumpulkan sarapan seimbang yang mengandung protein, serat dan susu, seperti semangkuk sereal, atau oatmeal dengan susu skim.


Selingan Pagi
Camilan ringan diantara waktu sarapan dengan makan siang sebaiknya memilih yang mengandung protein dan sedikit karbohidrat, seperti biskuit gandum atau roti dengan selai kacang alam, atau potongan apel cincang dengan keju cottage rendah lemak.

Makan siang
Jenis makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti pasta, dapat menyebabkan rasa lemas di sore hari. Sebaiknya fokus pada protein dan karbohidrat kompleks seperti gandum utuh. Jika suka sandwich atau burger, pilih dengan isi tuna atau burger kalkun yang menggunakan roti gandum. Jangan lupakan selalu ,menyelipkan sayuran seperti salad.

Selingan Sore
Camilan untuk sore hari berisi beberapa karbohidrat dan protein dan juga beberapa lemak. Coba saja dengan biskuit gandum dengan keju atau ayam panggang. Pastikan minum banyak air sepanjang hari karena dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan.

Makan malam
Zat besi merupakan mineral penting untuk menghasilkan energi tinggi, tugasnya adalah membawa oksigen melalui sel darah merah ke mana pun tubuh Anda membutuhkannya. Buncis, lentil, daging sapi dan bayam merupakan sumber zat besi. Pastikan menu makan malam mengandung beberapa jenis makanan tersebut. [detikfood]

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu