Thursday, September 22, 2011

Liga Indonesia 2011/2012 Diikuti 24 Tim

Liga Indonesia 2011/2012 Diikuti 24 Tim. Tak konsisten, lagi-lagi PSSI tak konsisten dalam mengambil kebijakan, sempat membuat wacana 2 wilayah untuk Liga Indonesia musim mendatang, dan akhirnya dirubah menjadi 1 wilayah lagi, kali ini PSSI membuat keputusan untuk membengkakkan peserta Ligina menjadi 24 tim.

Seperti dikutip dari vivanews.com, PSSI telah memutuskan bawah level tertinggi kompetisi nasional musim ini akan dihuni oleh 24 tim. Sihar Sitotus selaku ketua komite bidang kompetisi PSSI mengutarakan alasannya kepada wartawan, Kamis, 22 September 2011.

Keputusan untuk mengubah jumlah peserta dilakukan dalam rapat Komite Eksekutif PSSI, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu, 21 September 2011. Dalam rapat ini, PSSI memutuskan menambah 6 klub lagi untuk musim 2011/12.

Keenam klub tersebut mendapat tiket gratis untuk tampil di kompetisi level tertinggi musim ini. Masing-masing adalah trio LPI: PSM Makassar, Persibo Bojonegoro, Persema Malang dan tiga lainnya yakni Persebaya, PSMS, dan Bontang FC.

Persibo, Persema, dan PSM sejatinya harus turun kasta setelah musim lalu keluar dari Liga Super Indonesia (ISL). Sedangkan tiga tim lainnya harusnya masih bermain di kasta kedua kompetisi nasional, Divisi Utama.

"(Penunjukan ) PSM, Persibo Bojonegoro dan Persema Malang, karena kami berempati kepada mereka. Melihat semangat terakhir mereka (berkompetisi)," ujar Sihar kepada wartawan di Senayan, Kamis, 22 September 2011.

Lebih lanjut Sihar mengatakan kalau sanksi terhadap Persibo, PSM, dan Persema sudah dicabut. Dengan demikian, ketiga klub ini tidak perlu menjalani sanksi turun kasta karena sebelumnya memutuskan hengkang dari ISL ke LPI.

"Status PSM sudah direhabilitir April lalu. Dan dua lagi(Persibo dan Persema) telah diputus oleh Exco terpilih saat ini," ujar Sihar.

Selain itu, Sihar menambahkan kalau ketiga klub tersebut memiliki poin tertinggi dalam penilaian PSSI. Selain itu, pengalaman pernah bertahan di ISL menjadi alasan lain.

"Ketiganya punya nilai cukup tinggi. Sebenarnya ada dua faktor, scoring dan asal ketiga klub tersebut dari level tinggi, jadi tidak sulit untuk bermain di level tinggi. Jadi keputusan Exco ini, tahapannya ada," ujar Sihar.

Sementara itu, mengenai penunjukan PSMS dan Persebaya, Sihar berlasan untuk memenuhi keingan sponsor. Sebab menurut Sihar, kedua tim tersebut memiliki nama besar.

"Beberapa tahun terakhir, terdapat tim-tim besar di kompetisi. Dari Bandung, Jakarta, Medan. Ini salah satu alasan pihak sponsor untuk mengemas kompetisi jadi lebih menarik," ujar pria asal Medan tersebut.

Lantas alasan untuk Bontang FC? "(Penunjukan) Bontang FC juga begitu. Tidak enak Bontang ditinggalkan (di Divisi Utama). Padahal Bontang sebelumnya di atas(LSI), dan harus turun(degradasi ke Divisi Utama)," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu