Thursday, August 19, 2010

Redesign, The Power Of "Kepepet"

Alhamdulillah niat ganti template sedari 3 minggu yang lalu terlaksana juga :D meskipun prosesnya mengorbankan waktu sehari semalam *alah lebay* selesai juga ngedit template biar keliatan simple and SEO friendly ;) mungkin pertanyaannya kenapa saya pakai judul yang lebay atau aneh seperti diatas? Nah ini yang mau saya ceritakan pada paostingan kali ini, gapapa ya gak bahas soal gadget atau info seks dulu. Toh baca postingan ini saya yakin gak sampai 10 menit udah selesai ;)

Okelah kalo begitu, sebelumnya saya minta maaf karena 2 hari sebelumnya sempat vakum posting *emang ada yang peduli ya?* bukan karena lagi buntu ide atau jari lagi keseleo. Tapi karena pergantian template baru ini bener-bener menyita waktu dan pikiran saya *lebay lagi*. Kenapa sampai segitunya? Hahaha, gimana gak menyita waktu dan pikiran, kalau ternyata template asli yang bernama Typography Times milik deluxetemplates ini kurang begitu SEO friendly, Alhasil mau gak mau saya kudu hack dikit-dikit nih template biar rada keren, maksud hati bikin nih template keren supaya google dkk lebih tertarik.

Tapi dasar blogger kemarin sore yang gak ngerti kode-kodean, terpaksa hack blogger templatenya kudu buka kamus google lagi *wkakakak* baca tutor sana sini lagi, meski masih ingat apa saja yang harus diperbaiki, tapi karena dulu gak sempet bikin tutornya di blog, jadi ya lupa harus ngapain saat mata sudah dihadapkan dengan sekumpulan kode HTML dan CSS. Singkat cerita, hackpun sudah dilakukan dan selesai, meski tak menerapkan semantic structure seperti template sebelumnya, tapi terbukti dengan title postingan diset menjadi H2, visitor dari SE terutama google tetap lancar :D

Nah, masalahnya kenapa saya tulis judul the power of kepepet itu jawabanya ada di paragraf ini sampai selesai. Bermula dari tempilan blog yang kurang sreg *bukan kurang bagus loh ya, karena bagus jelek so subjektif banget* akhirnya saya memutuskan untuk mengedit beberapa bagian dari tempilan template ini. Dan yang pertama terpikirkan adalah menu navigasi di header sebelah kanan. Setelah itu ganti background jadi putih biar match ama warna deskripsi blog *eh bener ya namanya deskripsi blog* lanjut pasang menu navigasi horizontal biar pengunjung mudah pindah-pindah halaman, dan yang terakhir bikin puyeng *soal puyeng ini hanya dialami oleh saya selaku blogger pemula yang buta soal kode-kodean* adalah mengganti font dari template ini yang lagi lagi saya rasa kurang sreg di hati.

Beuh, mau gak mau kudu nekat bongkar CSS nih template, padahal paling gak ngeh kalo soal CSS. Yang saya tahu hanya singkatannya, Cascading Style Sheet *hhhmmmm, bener gak ya???* ah sudahlah, yang penting CSS ya itu, hehehe. Oke, perburuan jenis font sudah ditentukan, yakni font-familiy Verdana yang memang lebih keliatan keren aja *lagi lagi subjektif banget*. Lanjut, saya dibuat bingung dengan apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Bingung kode CSS mana yang harus saya rubah.

Berbekal kondisi kepepet karena gak tahu harus konsultasi sama siapa, akhirnya saya nekat rombak nih template sendiri, dari sore hari tanggal 17 sampai sahur saya gak tidur *kali ini gak lebay, ada saksinya* saya mumet sendirian mikirin template baru saya, tapi mau gimana lagi, teman di YMpun *saksi* hanya bisa mendoakan saya yang terbaik *wkakakakak*. Jadi saya harus bekerja sendirian merombak nih template biar keliatan enak dipandang *menurut saya*, mulai dari penggantian font di post body yang masuk main wrapper, abis itu jarak sidebar satu dengan dibawahnya juga terlalu lebar, gak tahu musti ganti paddign atau marginnya. saya sampai bolak balik ke google untuk memastikan masalah saya ini. Alhasil ketemu juga beberapa blog yang membahasa tutor perbedaan padding dan margin, thanks bro :D

Lanjut, setelah bingung dengan main wrapper, kini template hasil editan saya malah semakin aneh, karena font yang ada di header dan footernya masih menggunakan default template, yakni georgia. Aduh payah nih, jadi gak match, masalahnya selain pengetahuan tentang CSS yang minim. Koneksi juga turut menyumbangkan faktor lamanya waktu pengeditan template ini, padahal udah pake speedy :( nah, karena mepetnya waktu menjelang sahur, mau gak mau saya paksa untuk tetap bekerja dengan laptop saya ini, dan Alhamdulillah pas sebelum sahur sekitar jam 3 dini hari, semua font yang ada header, outer dan footer sudah terganti dengan verdana *jadi curiga sama verdana nih, jangan-jangan punya someone namanya verdana ya???*

Nah karena rasanya sudah banyak saya cerita, saya akhiri saja sampai disini. Yang jelas, penggantian template ini bertujuan untuk membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Dengan loading blog yang ringan dan tidak terlalu memakan waktu *blogspot gitu loh* saya harap para pengunjung tidak merasa bete saat membuka halaman per halaman yang ada di blog ini, dan wana putih pun sengaja saya pilih untuk menimbulkan kesan simple dan bersih. Okelah kalo begitu, yang terakhir kalo berkenan anda dapat tekan tombol like di sidebar tengah blog ini, supaya dapat menyimak update berita maupun info-info menarik terkini langsung dari blog ini. terima kasih atas atensinya, wassalamuaaikum wr wb :D

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu