Monday, August 16, 2010

Memilih Menu Buka Puasa Yang Sehat

Memilih Menu Buka Puasa Yang Sehat. Berbuka puasa adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu pada sore hari menjelang mahgrib, bahkan berbagai aktivitaspun akan dilakukan oleh setiap orang yang berpuasa hanya untuk menunggu waktu berbuka atau kita lebih sering menyebutnya Ngabuburit.

Dan jika adzhan Mahgrib sudah berkumandang, tibalah kita semua untuk mengucapkan syukur bahwa hari itu kita sekali lagi diberi kesempatan berpuasa oleh Allah SWT. Selanjutnya sebagian orang ada yang memilih waktu makan besar lebih dahulu, daripada sholat, tapi banyak juga yang lebih memilih sholat mahgrib dulu sebelum makan besar, hal itu dilakukan sebagai pertimbangan jika selesai makan, tubuh akan mudah ngantuk.

Nah, jika kita ngobrol soal menu buka puasa, muncul pertanyaan?Apa saja menu yang baik saat kita berbuka puasa? Beberapa pakar kesehatan sering memberikan masukan penting pada orang untuk memilih menu saat berbuka puasa.

Salah satunya adalah memakan buah kurma plus minuman air putih sebagai pendamping atau tes hangat manis. Diyakini buah kurma mengandung gula alami (fruktosa) yang sangat mudah diserap oleh organ untuk menyuplai energi ke otot-otot kita yang dalam sehari penuh tidak terisi oleh zat makanan.

Kebanyakan orang, menu berbuka adalah es. Baik itu es campur atau es kolak yang secara kasat mata sangat menggairahkan nafsu untuk berbuka. Namun jika untuk dijadikan menu awal berbuka maka akan mengganggu sistem pencernaan.

Nah, sekarang kan teman teman sudah pada tau nih yang mana yang baik dan mana yang kurang baik. Semoga buka puasa entar, bisa membantu temen temen memilih menu makanan untuk berbuka, dan tentu saja diharpakan menu buka puasa sehat ini dapat menjaga kondisi tubuh kita menjalani puasa di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, amin ;)

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu