Sunday, March 14, 2010

Tarik Pengunjung Dengan Judul Postingan Unik

Bagi sebagian blogger tentu ingin blog yang dia kelola menjadi blog yang ramai untuk dikunjungi. Namun tahukah anda bahwa mejadikan blog ramai pengunjung membutuhkan tips dan sedikit teknik yang disebut SEO, kenapa SEO?
Karena dengan kita mengusai SEO, langkah untuk dapat menjadikan blog kita ramai pengunjung jadi semakin mudah, tapi tahukah anda bahwa menjadi seorang master SEO atau minimal orang yang paham SEO membutuhkan waktu yang tidak sebentar? Dengan berprinsip bahwa segala sesuatunya tidak ada yang instan, kita dituntut untuk mengusai SEO, atau minimal paham soal SEO.

Nah, saya rasa ulasan tentang SEO tidak akan saya tulis disini, karena pada dasarnya pengusaan SEO hanya salah satu dari cara mendatangkan pengunjung ke blog kita. Lantas pertanyaannya, “kalau SEO hanya salah satu saja, berarti ada banyak cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita?” yups, betul dan salah satunya adalah dengan cara memberikan kesan kepada calon pengunjung untuk melihat unique brand dari blog kita. Yah seperti dunia bisnis, dunia perbloggingan juga membutuhkan tips sederhana tapi dahsyat ini. Tentu konteks dari unique brand blog disini dapat kita representasikan dalam bentuk judul postingan / artikel yang ada di blog kita.

Rasanya tidak perlu banyak prolog, langsung saja kita praktekan :

Suatu ketika ada seorang netter yang ingin mencari kabar kedatangan Presiden Obama ke Indonesia, kira-kira keyword apa yang dia ketikkan di Search Engine Google? Berikut kemungkinannya :

• Kedatangan Obama Ke Indonesia
• Rencana Kedatangan Obama Ke Indonesia
• Kapan Obama Datang Ke Indonesia
• Presiden Obama Ke Indonesia Pada Tanggal?
• Rencana Pengamanan Presiden Obama Saat Di Indonesia dan masih banyak lagi kemungkinan kata kunci yang akan diketikkan oleh sang netter.

Disini sebenarnya teknik penggunaan kata kunci yang menjadi trend juga dibutuhkan. Atau bahasa praktisnya survey keyword dengan melihat isu-isu maupun berita yang sedang hangat dibicarakan banyak orang harus diperhatikan. Nah apabila kita aware dengan isu-isu hangat tersebut, kita tinggal memodifikasi judul postingan yang akan kita gunakan dalam postingan kita.

Sebagai contoh beberapa kata kunci dari berita kedatangan Obama diatas, bukankah kita dapat memodifikasi kata kunci diatas menjadi lebih unik dengan judul postingan seperti ini “Kedatangan Obama Ke Indonesia Untuk Makan Sate Madura” atau mungkin “Presiden Obama Ke Indonesia Ingin Mencoba Mancal Becak”. Kemungkinan besar memang blog kita tidak akan berada di urutan pertama google, tapi dengan modal blog yang SEO friendly, paling tidak postingan kita tersebut masih berada di halaman pertama atau berada di top ten google. Dan jika sudah diberi banyak pilihan judul postingan pada halaman pertama, kira-kira netter tersebut akan mengklik postingan dari blog siapa? Disini faktor psikologi terkait rasa penasaran mengambil peran penting, meskipun postingan kita tersebut berada di urutan ke-7 Google, tapi dengan judul yang agak nyeleneh, besar kemungkinan postingan blog kita yang akan diklik oleh netter karena memiliki judul yang unik dan tentunya membuat penasaran orang. Masa Obama datang ke Indonesia mau mencicipi Sate Madura, padahal kan dia tidak pernah ke Madura, atau mana mungkin Obama datang ke indonesia ingin mencoba mengendarai becak? Lha kalau memang benar begitu, apakah Presiden SBY yang menjadi penumpangnya :D

Panjang memang, tapi judul postingan panjang seperti ini mempunyai kelebihan tersendiri, judul postingan yang lebih dikenal di kalangan blogger dengan sebutan long tail keyword tersebut memiliki peluang muncul di halaman pertama google dengan berbagai kata kunci yang menyertainya. Hal ini juga harus didukung dengan bervariatifnya keyword di postingan kita. Tak perlu untuk memaksakan satu kata kunci seperti contoh “Presiden”, kita ulang berkali-kali di hampir semua paragraf, kita dapat menggantinya menjadi “Pemimpin Negara Adi Daya” atau mengganti “Obama” dengan kata “Anak Menteng” dan masih banyak lagi sinonim keyword yang dapat kita bidik. Hal tersebut untuk mengantisipasi apabila ada netter yang agak nyeleneh dengan mengetikkan keyword “Obama Anak Menteng Datang Ke Indonesia” atau “Pemimpin Negara Adi Daya Obama Akan Ke Indonesia”

Nah, tips sederhana diatas adalah salah satu dari banyak cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. Memang dengan judul nyeleneh tersebut kita dituntut untuk memberikan konten blog yang menarik. Karena tidak mungkin kan netter yang penasaran karena judul postingan nyeleneh kita, merasa kecewa saat melihat postingan kita hanya ditujukan untuk menembak keyword atau uji coba SEO belaka. Alangkah baiknya bila kita memberikan konten yang menarik atau sedikit ke arah menghibur sebagai ganti dari uji coba keyword kita tersebut, dalam hal ini kita dapat melakukannya dengan memberi kalimat awal seperti ini “Presiden Obama Datang Ke Indonesia Untuk Mancal Becak dan Presiden SBY yang menjadi penumpangnya, itulah mimpi saya malam tadi, dan rasanya saya tidak mau bangun karena masih ingin melihat presiden kita berada ‘diatas’ daripada Presiden Obama yang notabene Pemimpin Negara Adi Kuasa tersebut” :D

Kalau sudah kita praktekan tips sederhana diatas, Insya Allah blog kita sedikit demi sedikit mengalami peningkatan jumlah visitor. Dan sebagai bukti, saya ingin meminta pembaca sekalian sebelum memberi komentar. Coba ketikkan keyword “ samsung genoa” di google, lanjut coba beri tahu saya judul postingan apa yang saudara klik di dengan menuliskannya di komentar bawah? :D

Nah sekedar informasi saja bahwa Tips Mendatangkan Visitor ini akan saya buat berseri, karena benyak sekali rahasia yang ternyata belum banyak diungkap para blogger senior diluar. Untuk itu coba simak terus update dari tips-tips seni mendatangkan pengunjung dari blog ini.[agusta27]

This Post Support Link :
Increase Your trafiic With Klikrar
Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri
Sebar Iklan Baris Gratis Radhityanotes.com

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu