Monday, March 8, 2010

Samsung Genoa a.k.a Corby Pop

Ponsel dari keluarga Corby ini merupakan versi murah dari Corby Touch yang sudah ada di pasaran akhir tahun lalu, dengan banderol harga di kisaran Rp. 1.300.000,- tampak jelas Samsung Genoa ingin menyasar segmen middle-end dengan fitur-fitur yang sudah dipangkas dari saudara tuanya Corby Touch.
Beberapa fitur yang dipangkas tersebut antara lain kekuatan kamera yang hanya 1,3 MP di Samsung Genoa, beda dengan Corby Touch dengan 2 MP, selanjutnya bagi anda yang ingin berselancar di dunia maya harus puas dengan jalur GPRS dan EDGE yang tersedia di Handphone yang juga dijuluki Corby Pop ini, dengan kecepatan rata-rata 263 Mbps, masih lumayan lah apabila anda ingin sekedar membuka halaman WAP saja. Nah berikut uraian lengkap fitur-fitur yang terdapat pada Samsung Genoa Corby Pop.

Desain
Tidak adanya fashion jackets yang dulu dapat dinikmati di Corby Touch menjadi penanda bahwa handphone ini memang berada dibawah saudara tuanya tersebut, alhasil bagi sebagian pengguna yang ingin gonta-ganti cashing bagian belakang, harus kecewa dengan nihilnya fasilitas ini, namun seperti kebanyakan ponsel dari keluarga Corby yang lain, desain ergonomis dengan sudut membulat sangat nyaman untuk digunakan, juga dukungan layar sentuh kapasitif selebar 2,8 inch, dapat menjadikan user lebih interaktif dalam mengunakan handphone ini. Selain itu sisi minimalis terlihat dari pemilihan 3 fungsi tombol yakni, call, back dan end call di sisi depan serta panel tambahan baru berupa port jack audio 3,5 mm, dibenamkan untuk fungsi lubang handsfree selain port standart yang sudah disediakan oleh Samsung.

Multimedia
Karena ditujukan untuk kalangan entry menengah, sisi hiburan yang sempat saya bahas diatas menjadi lebih minim dari pendahulunya, meskipun begitu Genoa tidak serta merta membiarkan penggunanya kesulitan dalam hal mengakses hiburan seperti Radio FM yang sudah support dengan RDS dan rekam suara, maupun kamera dengan kekuatan 1,3 MP dengan pilihan effect exposure, night mode, white balance dan multi shoot yang mampu meng-capture beberapa gambar dalam sekali jepret.

Interface
Seperti sudah disinggung diawal, bahwa Samsung Genoa adalah salah satu jeluarga Corby yang menggunakan fitur touchscreen, layar sentuh type TFT dengan kedalaman warna 262 ribu milik Genoa juga sudah dilapisi kaca anti gores, Teknologi layar sentuh dan dukungan antar muka TouchWiz UI mampu memberikan kemampuan yang interaktif. Ada tiga halaman yang berisi struktur menu dengan dilengkapi widget Home Screen unik dan bisa dioptimalisasi sesuai dengan kebutuhan. Akses navigasinya pun terbilang nyaman untuk digerakkan hanya dengan jari.

Konektivitas dan Aplikasi Lain
Meskipun akses data hanya support dijalur GPRS dan EGDE, akan tetapi dengan bantuan browser NetFront v3.5 bawaan dari Samsung dapat menjadikan aktivitas berselancar di dunia maya anda lebih menyenangkan, serta dukungan bluetooth A2DP dan kabel data untuk sarana transfer data via PC. Namun sayang, dalam paket pembelian tidak disertakan, alhasil kita harus merogoh kocek lebih untuk membeli kabel data yang kompatible dengan Samsung Genoa.

Seperti halnya handphone multimedia lainnya, sisi social network tak luput dari Pabrikan yang bermarkas di Korea ini, icon shortcut disediakan untuk dapat menikmati layanan Myspace, Facebook, Flickr, Photobucket, Picassa dan Friendster. Fitur ini sebenarnya sama dengan yang ada di Corby Touch, yakni SNS Samsung (Social Network Service). Ada pula Multiple instant yang diberi nama Parlingo, dengan aplikasi ini kita dapat selalu Online menggunakan akun messaging populer diantaranya Google Talk, Yahoo, MSN, AIM, ICQ bahkan facebook sekalipun. Selin itu Samsung Geno juga dikengkpi dengan client e-mail dan shortcut layanan Google Search dan Mail.

Satu hal menarik dari handphone ini adalah hadirnya fitur conversation yang ada di menu messaging, dengan fitur ini kita dapat merasakan sensai layaknya chatting saat menampilkan pesan di kotak pesan, serta fitur lainnya yakni bluetooth messaging yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan lewat kanal bluetooth ke perangkat yang kompatible. Seperti halnya kebanyakan ponsel Samsung, sisi keamanan sangat diperhatikan dengan menghadirkan SOS message, Mobile Tracker, dan juga privacy lock untuk memproteksi data ponsel seperti call log, phonebook, message, my file, memory card, calender, memo dan task dengan menggunakan password khusus.

Hardware
Bagi anda yang ingin menyimpan banyak file nampaknya harus membelikan kartu memory jenis microSD mengingat memory internal dari Samsung Genoa hanya sebesar 32MB shared, namun apabila anda ingin menambah besaran memory untuk handphone ini, anda dapat mengekspansinya dengan memory tambahan sampai 8GB. Untuk nilai dari sisi ketahanan baterai, samsung dapat bertahan hidup selama 3 hari dalam pemakaian normal.

Nah itu dia sekilas review dari Samsung Genoa a.k.a Corby Pop yang sudah ada di pasaran indonesia, untuk review handphone maupun smartphone lain anda dapat membacanya di kategori gadget. Namun apabila anda tidak berkenan untuk berlama-lama di blog ini, anda tetap bisa mendapatkan update artikel  yang membahas seputar Info Gadget Terbaru hanya dengan memasukkan email anda disini, dan secra otomatis setiap update artikel terbaru dapat dinikmati dari email anda tanpa repot-repot mengunjungi blog sederhana ini.

Satu lagi mumpung keinget, bagi pambaca sekalian yang mempunyai blog, saat ini sampai tanggal 15 Maret nanti sedang berlangsung kontes SEO dengan keyword Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri kebetulan blog yang masih berumur satu bulan ini ikut berpartisipasi menjadi kontestannya :D dan apabila rekan-rekan blogger ingin memberikan dukungan terhadap blog jelek ini, dapat mengcopy link yang saya sediakan di textarea bawah postingan, untuk ditaruh di blog rekan-rekan. Setelah itu, harap konfirmasi via komentar untuk saya follow up dengan memasang link saudara di blog saya. Terima kasih atas kunjungannya, dan mohon maaf apabila review handphone diatas belum bisa mengobati rasa ingin tahu saudara tentang gadget terbaru di Indonesia, wassalam. [agusta27]

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu