Saturday, February 27, 2010

Evaluasi : Bulan Pertama Penuh Kejutan

Alhamdulillah blog ini sudah berumur satu bulan, banyak cerita yang mengiringi perjalanan blog sederhana ini. Dari cerita bahagia hingga sedih, dari ketemu banyak master hingga teman-teman seangkatan (sama-sama pemula maksudnya, itupun dari pengakuan mereka ), dari kisah hilangnya postingan di halaman depan google sampai alexa rank yang turun drastis.
Dan yang terakhir, meskipun baru kemarin sore, tapi blog ini sudah tampak jumawa dengan mengikuti kontes menulis bertema solusi pemberantasan korupsi ala blogger yang diadain sama ceritainspirasi.net

Sebenarnya ada keraguan saat menulis postingan ini, karena saya tidak tahu pasti ulang tahu blog ini itu tanggal berapa? kalau dilihat dari domain registered di godaddy.com, blog Top Level Domain hasil dari menang kontes review yang diselenggarakan oleh indonesiamenulis.com akhir tahun lalu ini expired pada 25 Januari 2011,  itu berarti menurut mbah daddy alias godaddy.com ulang tahun blog campur aduk ini pada tanggal 25 Januari 2010, tapi kalu dilihat dari the first published post blog ini adalah tanggal 31 Januari 2010. Nah jadi tambah bingung, masalahnya saya tidak tahu umur blog itu dihitung dari tanggal dimana domain tersebut diregistrasi atau dilihat dari terpublikasinya postingan pertama. Yaudah lah, gak masalah itu, kan jadi enak saya punya persiapan untuk merayakan ultah blog ini sekaligus mempublish evaluate post tiap bulan, karena antara tanggal 25 s/d 31 Januari mempunyai jarak 7 hari, hehe . Saya kira hanya blog ini yang punya hari ulang tahun sampai 7 hari. wkakakakakak .

Okelah kalo begitu, kita mulai saja flashback blog amburadul ini.

Kontes Menulis Solusi Pemberantasan Korupsi Ala Blogger.

Seperti yang sempat saya tulis sebagai intermezo diatas, bahwa blog ini sedang mengikuti kontes menulis dengan tema Solusi Pemberantasan Korupsi Ala Blogger yang diadain sama ceritainspirasi.net. Sedikit review saja dari latar belakang diadakannya kontes ini adalah, ingin mendayagunakan comunity power dari para pengguna internet bernama blogger untuk ikut menyumbangkan pikirannya dalam Usaha Memberantas Korupsi di Indonesia. Nah dari pantauan terakhir, persaingan untuk mendapatkan juara 20 besar menjadi semakin sulit karena banyak penulis-penulis hebat turun gunung mengikuti kontes tersebut, alhasil dari hampir 80 artikel yang terdaftar, 4 artikel yang sementara saya daftarkan seperti tidak ada gregetnya sama sekali, padahal saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas. Meskipun penilaian sementara ini hanya bersifat subjektif mengingat kontes menulis lain dengan Kontes SEO, namun tidak bisa dipungkiri bahwa mengandalkan 4 artikel saja untuk mengalahkan hampir 80 lebih artikel dari penulis lain sangatlah berat. Nah menurut rekan-rekan pembaca bagaimana dengan artikel-artikel yang saya ikutkan kontes berikut ini :
Keempat artikel diatas sebenarnya masih akan saya tambah mengingat deadlock pendaftaran artikelnya pada tanggal 4 Maret 2010 Pkl. 24.00 WIB. Tapi lihat-lihat juga seh, kalo ada ide nulis dan waktu yang memadai. Dan bagi rekan-rekan yang berminat untuk ikut menyemarakkan kontes tersebut informasinya dapat dibaca disini.

Kenal Banyak Teman Baru Di KRchat.

Siapa yang tak kenal Rohman Abdul Manap a.k.a. Kang Rohman, blognya kolom-tutorial.blogspot.com sudah menjadi rujukan bagi para blogger pengguna blogspot di Indonesia, dan tak hanya mendapatkan tutorial ngeblog, tapi disana kita bisa mendapatkan banyak teman baru, karena fasilitas Live Chat Shoutmix yang diberikan sama si empunya. Yah, mungkin KR sengaja memberikan fasilitas itu untuk blogger-blogger pemula seperti saya ini belajar kepada para senior dan master disana, dan tanpa menafikan master-master yang lain, ada satu yang menjadi rujukan pertanyaan saya dan mungkin blogger seangkatan saya lainnya. Dia adalah Muhammad Hidayatullah a.k.a. mas doyok si empunya blog masdoyok.co.cc. Dan bagi sobat blogger baik yang masihh pemula maupun yang sudah master, monggo silahkan brediskusi disana, yang pemula menimba ilmu yang master bagi-bagi ilmu, hehe gimana simbiosis mutualisme toh ?

Tapi ada beberapa hal yang menjadi peraturan tidak tertulis disana, layaknya berkunjung ke rumah orang yang disana banyak sekali tamu, alangkah baiknya apabila kita datang dengan mengawali salam dan menyapa kepada penghuni KRchat sekalian. Dan tidak hanya itu juga, norma-norma dalam kehidupan nyata juga harus dibawa dalam melakukan aktivitas chat di dunia maya, tak terkecuali di KRchat, seperti yang tertulis di pesan bagian atas kolom chat "Silahkan daftar dulu. No porn, no spam. please!". Rekan pembaca semua tahu kan maksud dari pesan diatas, bahwa meskipun tidak dipertemukan di dunia nyata, akan tetapi norma-norma bangsa kita masih harus dipegang dalam berkomunikasi disana. Dan Insya Allah lain kali saya akan memposting tips-tips ngobrol di KRchat yang baik hanya untuk anda, tentunya ini versi saya loh ya, yang baru saja ikut nimbrung disana sekitar satu bulan, pokoknya.ditunggu saja. oke brader .

Alexa Rank Turun Drastis.

Kali ini saya tak banyak berkomentar karena saya tidak tahu apa yang terjadi dengan alexa sampai-sampai menurunkan ranking blog saya menjadi 6 digit angka dikisaran 500 ribuan dari yang semula berada di angka 22 juta, saya benar-benar bingung mengingat blog-blog rekan saya ada yang sudah berumur lebih dari 3 bulan tapi alexa rank-nya masih 7 digit dikasaran 1 jutaan. (saya lihat dari postingan awal terbit). Saya benar-benar tidak begitu paham apa yang sebenarnya terjadi, mungkin perlu penelitian lebih lanjut untuk disampaikan pada evaluasi bulan depan, atau Insya Allah saya akan mempostingnya dalam waktu dekat terkait trend perkembangan alexa rank untuk anda. Jadi ditunggu saja ya, hehe .

Hilangnya Postingan Dari Pageone Google.

Sama seperti kasus alexa rank yang saya sendiri kurang begitu paham penyebabnya apa, kali ini agak serius masalahnya karena menyangkut Eyang Google. salah satu postingan saya dengan judul "solusi pemberantasan korupsi ala blogger" yang sempat menduduki peringkat 1 dengan keyword yang sama pada pagi hari tanggal 25 Februari hilang dari halaman pertama, saya cari sampai kedalam 10 halaman tetap tidak ketemu, akhirnya saya cari pakai seoquake Google Index yang terinstall di browser Flock saya. Dan terkejut karena memang benar-benar tidak ada sampai akhir posting yang terindex oleh google saya cari. Bingung tak tahu harus bagaimana? akhirnya saya cari tahu ke tempatnya para master untuk mendapat jawaban dari keelisahan saya tersebut, dan mendapati istilah google dance dan google sandbox yang kedua istilah tersebut malah membuat saya jadi tambah pusing dan kalau saya terangin disini, malah bikin artikel ini tambah panjang. Lagipula ini sudah larut, takut penjelasannya gak sesuai juga dengan arti sebenarnya. Jadi Insya Allah lain kali saya posting apa itu google dance dan google sandbox. Yang jelas keduanya bukan salah satu dari makanan khas orang jawa hehe .

Okelah kalo begitu, sudah dicatat belum janji-janji saya untuk memposting hal-hal yang masih menjadi tanda tanya diatas? kalau sudah, diingat-ingat dan ditagih setiap kali ngisi buku tamu blog saya, itupun kalo berminat seh .

Nah, berhubung diawaali dengan ucapan Alhamdulillah, saya akhiri postingan ini dengan Alhamdulillah juga supaya mendapat berkah Allah SWT. Sebenarnya evaluate post ini saya maksudkan untuk berbagi kepada rekan pembaca sekalian apa saja yang telah saya alami bersama blog ini selama satu bulan. Jadi istilahnya curhat lah . Namun disamping itu saya juga ingin konsisten dalam ngeblog, untuk itu postingan evaluasi inilah cara saya dalam mengevaluasi semua kekurangan maupun mempertahankan hal-hal yang dianggap baik selama satu bulan untuk diteruskan di bulan-bulan berikutnya. Dan satu lagi yang tak kalah penting, peran serta rekan-rekan pembaca dalam memberi kritik dan saran sangat saya butuhkan untuk proses pendewasaan blog ini, supaya menjadi blog yang lebih enak dilihat dan konten-kontennya menjadi informasi yang bermanfaat untuk semua. Sekali lagi saya harapkan kritik dan saran dari pembaca semua untuk perbaikan blog ini, saya janji sepedas apapun kritik itu akan saya tampung dan tidak akan saya hapus. Karena bagi saya semua orang punya hak dalam menyuarakan pendapatnya seperti yang diatur oleh Undang-undang.

Oke, jadi itulah sekelumit cerita tentang perjalanan blog gak karuan ini selama sebulan, apabila ada salah-salah ucap maupun hal-hal yang menyinggung perasaan saudara pembaca. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, dan apabila tulisan diatas bermanfaat bagi anda, saya berterima kasih karena sudah menyisihkan waktu hanya untuk membaca tulisan tak berarti diatas. Akhirul Kalam, Wabirohitaufiq Wal Hidayah Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. [agusta27]

Salam Blogger Indonesia

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu