Wednesday, February 3, 2010

Nexus One Sepi Peminat

Pada postingan pertama saya yang membahas tentang gadget ini, saya ingin mereview gadget terbaru dan merupakan yang pertama dari Google. Yups, NEXUS ONE. Sejak dilaunch pada 5 Januari lalu, nexus ternyata sepi peminat. Dikutip dari vibizdaily.com, angka penjualannya masih dibawah Motorola Droid yang mencatat angka 250.000 unit pada minggu pertama dikeluarkan sejak 5 November 2009 dan jauh dibawah iPhone 3GS yang tercatat laku sebanyak 1,6 juta unit dalam minggu pertamanya sejak diluncurkan pada 16 Juni 2009. Sedangkan untuk Nexus One sendiri hanya mampu mencatat angka 20.000 unit pada minggu pertama setelah launching.



Banyak analis yang heran dengan langkah google mengeluarkan Nexus One saat banyak gadget android dari vendor lain masih laku keras di pasaran, dan saat-saat peluncurannya sebenarnya Nexus One sempat menjadi trending topics di Twitter selama sekitar satu minggu. Ternyata trending topics itu tidak menjamin produknya laku di pasaran. hal itu terbukti dengan banyaknya Nexus One yang berseliweran di situs eBay.


Tapi sayang, banyaknya Nexus One yang berseliweran di eBay, masih belum direspons hangat oleh pengunjung eBay, hal itu dapat dilihat dari fakta bahwa ada lebih dari 300 Nexus One di eBay. Dan banyak dari para penjual di eBay yang menaruh harapan besar bahwa ponsel ini bakal diburu oleh para pengguna ponsel. Optimisme ini terlihat dari harga yang mereka tawarkan. Jika Google mematok ponsel ini pada kisaran US$529 tanpa kontrak dengan operator, para penjual di eBay percaya diri mematok harga di atas US$ 1.000, hampir dua kali lipat harga resmi.

Namun, rupanya harapan tersebut tidak sesuai kenyataan. Penjualan ponsel Google tidak terlalu bergairah. Sejumlah penjual di eBay menurunkan harga jual ke kisaran harga US$300, bahkan ada yang menjualnya seharga US$212  Kendati demikian, harga 'miring' ini tidak serta merta menggugah pengunjung eBay untuk membeli Nexus One, penawaran masih terbilang sepi.

Saat ini ponsel Nexus One baru tersedia di pasar Amerika Serikat, sementara untuk beberapa negara lain akan segera menyusul tahun ini. Dan tampaknya sejak postingan yang saya pikir terlambat ini diterbitkan, Google Nexus One belum hadir di Indonesia
, sepertinya kita harus menunggu dan bersabar apabila ingin mendapatkan gadget pertama besutan Google tersebut. Dan barangkali kehadirannya kelak akan se-booming Blackberry, sehingga mendongkrak angka penjualan dan menjadi trendsetter baru di awal Tahun 2010 ini.

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu