Sunday, February 7, 2010

Bikin Sms Di Nexus One Tinggal "Ngoceh"

Setelah bebarapa hari yang lalu saya membahas sepinya peminat Google Nexus One, kali ini saya akan mencoba adil dalam mereview produk keluaran Google tersebut. Yup, bikin sms di nexus one tinggal "ngoceh" alias tinggal ngomong. Hal itu adalah salah satu keunggulan yang ditawarkan Google di gadget pertamanya sehingga disebut sebut sebagai superphone dan bukan smartphone lagi.
Hal itu dapat terjadi karena nexus one sudah dilengkapi dengan fitur keyboard berbasis sistem pengenal suara dengan penerjemah suara ke teks yang memungkinkan penggunanya tak perlu mengetik untuk menulis email, SMS, atau pesan di Facebook, tapi cukup mengatakannya saja.

Namun bagi kalian yang sedang patah hati atau lagi marah dan terbiasa mengumpat, jangan berharap umpatan kalian bisa tertulis di layar karena nexus one membatasi ucapan-ucapan yang mengandung umpatan atau makian lewat sensor Voice Recognitionnya. Jadi biarpun secara terang-terangan membatasi privasi seseorang dalam menulis pesan. Sepertinya fitur ini diharapkan dapat menjadikan penggunanya menjadi orang-orang yang sopan. Dan sensor tersebut teraplikasi dengan simbol teks berupa lambang pagar (#) untuk kata-kata yang dianggap tidak pantas atau kata-kata kotor.
Misalnya ketika anda merekam suara dengan kalimat yang tidak pantas, maka teks yang tertera akan seperti ini Hey Google, what the #### were you dumb ############# thinking when you censored the Nexus One?" tulis Jacob Friedman memalui Blog The Next Web-nya Minggu (24/1/2010).
Pihak Google, dalam keterangan tertulisnya mengaku menggunakan sensor dalam fitur tersebut untuk menghindari salah pemahaman. Pasalnya, penerjemahan dari bahasa satu ke bahasa lain saja, banyak menimbulkan kontroversi, apalagi menerjemahkan suara ke dalam teks di ponsel. "Kami menyaring hasil teks yang dirasa cukup potensial menimbulkan kerusuhan dan kami anggap tidak pantaas karena kami ingin menghindari adanya kesalahan pengenalan karakter suara yang masuk dan dianggap tidak senonoh, padahal niat pengguna tidak bermaksud mengatakan hal tersebut," ujar juru bicara Google.
 
Jadi jelas google ingin pengguna nexus one adalah orang-orang yang anti mengumpat dalam ber-sms, karena sejengkel dan semarah apapun kalian, tetap umpatan kalian tidak akan tertulis di layar. Namun satu hal yang menjadi pertanyaan buat saya, apakah umpatan dalam bahasa kita sehari-hari juga dikenali Voice Recognition-nya Nexus One ya???

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu