Friday, June 11, 2010

AFSEL vs Meksiko, 1 : 1 Hasil Pertandingan Piala Dunia Afsel 2010

Seru sampai menit terakhir, itulah gambaran laga pembuka Piala Dunia Afsel 2010 antara Timnas Afrika Selatan vs Timnas Meksiko, meski diwarnai kontroversi keputusan wasit yang menganulir gol dari pemain Meksiko pada babak pertama sehingga memaksakan keadaan berjalan imbang tanpa gol alias kacamata sat jeda.

Duel di Stadion Soccer City, Jumat (11/6/2010), itu sebetulnya menyuguhkan permainan menarik di sepanjang 45 menit pertama. Kedua tim langsung memeragakan ritme cepat untuk menciptakan banyak peluang. Namun terlihat jelas bahwa Tim Afrika Selatan yang tidak ingin menodai sejarah tidak pernah kalahnya Tuan Rumah Piala Dunia pada laga pembuka justru mengalami tekanan pada menit2 awal babak pertama, sebaliknya meksiko yang punya pengalaman lebih banyak langsung memberi tekanan kepada "Bafana Bafana".
Baru menit kedua, gelandang Meksiko Giovani Dos Santos hampir mengubah skor. Pemain Galatasaray itu menyambar bola yang lepas dari tangan kiper Itumeleng Khune di kotak penalti. Untung bagi Afsel karena tendangan Dos Santos melenceng jauh.

Sampai 15 menit kemudian, "El Tri" julukan Tim Meksiko masih mendominasi lebar sayap lapangan. Selain Dos Santos, peran bek kanan Paul Aguilar sangat terasa bagi tim asuhan Javier Aguirre ini. Kedua pemain tersebut paling sering menusuk ke jantung pertahanan Afsel. Tuan rumah sendiri kesulitan mengorganisasi serangan dengan rapi. Selain itu, umpan-umpan mereka juga sering jatuh ke kaki lawan. Hanya sekali Afsel memberikan ancaman, yakni ketika Steven Pienaar mengeksekusi tendangan bebas di menit ke-17. Hasilnya nihil karena bola tak mau turun ke gawang.

Dua menit berikutnya, Dos Santos kembali mengancam gawang Khune. Lagi-lagi tendangannya menerpa ruang hampa di atas gawang. Tak lama kemduian, Rafael Marquez juga mendapat kesempatan emas, tapi gerakannya kalah cepat dari Khune.

Peluang terbaik Meksiko terjadi di menit ke-32. Carlos Vela melambungkan bola untuk Guillermo Franco di kotak penalti. Dengan sedikit sentuhan, Franco membidik bola ke gawang, tapi tangan Khune masih dapat menghalau laju si kulit bulat. Lima menit kemudian, terjadilah kejadian kontroversial. Vela berhasil mencetak gol, tapi wasit Ravshan Irmatov asal Uzbekistan menganggapnya offside. Dalam tayangan ulang, terlihat jelas bahwa Pienaar masih berada mulut gawang dan berdiri di depan Vela.

Pada babak kedua tepatnya 10 menit setelah peluit wasit berbunyi, Afsel terlebih dahulu memimpin dengan gol Siphiwe Tshabalala 55", dan pada menit-menit terakhir Rafael Marquez menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Sebaanarnya untuk urusan teknik dan taktik Meksiko bisa dikatakan diatas Afrika selatan tetapi karena faktor tuan rumah dan pendukung bisa jadi memberikan suntikan spirit bagi tim piala dunia Afrika selatan.



Susunan pemain:
Afsel:
Khune; Gaxa, Mokoena, Khumalo, Thwala; Letsholoyane, Dikgacoi; Modise, Tshabalala, Pienaar; Mphela.
Meksiko: Perez; Aguilar, Osorio, Rodriguez, Salcido; Juarez, Marquez, Torrado; Dos Santos, Vela; Franco.

Sekedar info bagi anda maniak bola, ramaikan gelaran Piala Dunia Afsel 2010 ini dengan mengikuti Arenabetting.com Dukung Fair Play FIFA World Cup AFSEL 2010 :D

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu