Wednesday, July 28, 2010

Tips Merawat Laptop / Notebook

Tips Merawat Laptop / Notebook. Laptop atau Notebook sepertinya pada saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan tersendiri, terlebih untuk kalangan yang membutuhkan tempat fleksibel dalam melakukan pekerjaannya, mulai dari pegawai kantoran, mahasiswa, pelajar hingga seorang Eksekutif Muda pun membutuhkan gadget yang satu ini. Dengan mempertimbangkan kondisi itu, banyak sekali perusahaan Laptop berlomba-lomba dalam memproduksi Laptop terbaiknya untuk kita para end user, dan kita sebagai pengguna atau konsumen, tentu menginginkan sebuah Laptop yang memiliki kualitas yang baik.
Tapi rasanya kualitas yang baik tidak berarti apa-apa jika kita sendiri dalam kesehariannya tidak dapat menjaga atau merawat barang yang terkenal sensitif itu, bisa jadi karena ketidak tahuan kita, atau memang malas *sama seperti yang nulis :D * Nah, didasari dari pengalaman pribadi dan hasil googling sana sini, saya menemukan beberapa tips merawat Laptop yang dapat kita lakukan untuk menjaga perangkat elektronik kita yang satu ini, disimak baik baik ya :D

1. Jangan bekerja di lingkungan dengan suhu diluar yang direkomendasikan oleh pembuat notebook..umumnya produsen merekomendasikan suhu antara 5 hingga 35 derajat celcius.

2. Jangan bekerja di luar ketinggian yang direkomendasikan untuk notebook.umumnya,notebook direkomendasikan untuk bekerja pada ketinggian di bawah 2500 meter.

3. Jangan bekerja di kelembaban udara terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kelembaban udara yang direkomendasikan adalah 8-80%

4. Jangan bekerja dengan notebook dalam keadaan tertutup barang lain seperti buku atau di dalam tas penyimpanan karena akan mengganggu sirkulasi udara yang menyebabkan system Heating

5. Jangan menaruh laptop di tempat yang mudah jatuh.

6. Jangan bekerja di dekat perangkat elektronik lain seperti televisi, amplifier, kulkas, microwave oven. Jarak paling dekat adalah radius 15- 20 cm.

7. Jangan bepergian dengan tas notebook yang isinya super padat. Gunakan tas yang laptop dan jangan jejali tas dengan barang- barang bawaan lain.
Letakkan notebook pada posisi aman bila bepergian dengan kendaraan. Jangan sampai ia bergeser apalagi terjatuh.
Singkirkan floppy, CD, PC Card, dari drive-nya sebelum anda memasukkan laptop ke dalam tas untuk bepergian bersamanya.

8. Jangan mencolokkan kabel power ke jala listrik AC dengan posisi kabel yang mengganggu lalu lintas orang.

9. Nyalakan laptop secara rutin setiap hari setidaknya selama setengah jam sampai satu jam. Bila tidak dipakai dalam jangka waktu lebih dari seminggu, simpan di tempat terlindungi, bersuhu baik, dan tidak lembab. Lepas baterai dari bodinya.
Pada saat mau membuka notebook keadaan tangan berada di tengah agar mencegah kerusakan pada engsel.
Pemakaian lebih dari 5 jam sebaiknya dimatikan selama 1 jam, agar mengurangi panas didalam notebook.

10. Notebook jangan di nyalakan selama 24jam. Karena ruang udara begitu sempit sehingga sirkulasi udara tidak maksimal.

11. Baterai.
- Jangan sampai anda tidak pernah menggunakan baterai sama sekali. Setidak-tidaknya setiap minggu, ajak laptop anda bekerja dengan daya baterai sehingga sel-sel di dalam tetap bekerja secara rutin.
- Apabila anda tidak bekerja dgn notebook lebih dari dua minggu, sebaiknya anda melepaskan baterai dari bodi/tempatnya dan menyimpannya didalam temperature kamar (25derajat C) dan jgn pernah menyimpan baterai pada temperature udara yg panas.
- Jangan sampai baterai di recharge secara terus menerus jika sudah dalam keadaan 100%. Karena bisa merusak sel sel didalam baterai. Jika anda tidak terlalu meperhatikan keadaan baterainya, sebaiknya Anda melepaskan baterai dari bodi/tempat notebooknya.

12. LCD
- Tidak menyetel kontras dan kecerahan terlalu tinggi,karena terlalu tinggi membuat layer display harus “bekerja lebih keras”ketika memunculkan gambar.
- Memasang screen saver BLANK sesuai dengan tabiat atau kebiasaan anda bekerja. - Jangan biarkan layer tetap menyala ketika anda cukup sering bolak balik meninggalkan laptop. Dengan memasang screen saver BLANK, layer tidak dipaksa untuk menampilkan warna. Bilamana diperlukan, atur monitor mati dengan sendirinya setiap beberapa menit menyesuaikan kebutuhan anda.
- Mengatur pola penggunaan baterai layer LCD dgn menyetel melau Power Management pada system operasi. Gunakan menu Suspend, Standby, dan Hibernate secara maksimal.
Setel frekuensi pada tingkat yang tidak mengganggu mata.
- Manfaatkan pengaturan menu dari Display Properties semaksimal mungkin.

13. Hal hal yang TIDAK DILAKUKAN antara lain :
- Meletakkan Notebook di dalam bagasi karena terlalu banyak goncangan.
- Memberi beban yg berlebihan diatas notebook.
- Memasukkan notebook ke dalam tas penyimpanan yang terlalu penuh dgn barang2 bawaan yang lain. Ketika anda bergerak membawa tas itu, tekanan terhadap notebook tidak bisa anda prediksi.
- Menekan layer permukaan LCD. Layar tsb berisi cairan. Bila layer bocor atau terkoyak, dipastikan ia akan rusak dan harus diganti.
- Meletakkan notebook dalam keadaan terbalik (posisi layer di bawah). Perhatikan hal ini terutama bila Anda sering bepergian menggunakan pesawat dan melewati pintu pemeriksaan inframerah.
- Mengangkat atau menenteng notebook dengan memegang bagian layer.
- Meletakkan notebook di dekat peralatan elektronik lainnya. Jarak yang paling aman adalah pada radius 15 cm.
- Membiarkan notebook dalam keadaan terbuka telanjang padahal tidak digunakan dalam jangka lama. Ingat, debu termasuk musuh utama peranti seperti notebook.
- Meletakkan barang-barang kecil seperti spidol, bolpen, pensil, penjepit kertas, atau penghapus, di atas keyboard. Bila anda terburu- buru, bisa jadi anda akan segera menutup layar, lalu spidol dan kawan-kawannya tadi akan mengganjal dan membikin masalah pada notebook anda.

Nah igu diatas beberapa tips merawat Laptop yang daoat saya sajikan untuk anda sekalian, semoga bermanafaat :D

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu