Thursday, July 1, 2010

Mount Everest Bukan Gunung Tertinggi Di Dunia

Mount Everest Bukan Gunung Tertinggi Di Dunia. Jika anda pernah ke blog ini sebelumnya dan singgah di artikel 10 gunung tertinggi di dunia, anda akan menemui daftar peringkat gunung-gunung yang menjadi atap dunia, dan disana anda akan menemui Gunung Everest menempati puncak tertinggi dengan ketinggian 8.850 m dpl. Namun tahukah anda jika ada gunung lain di bumi ini yang ternyata ketinggiannya melebihi Gunung Everest? Yups, kalau Mount Everest mendapat gunung tertinggi di dunia yang dihitung dari permukaan air laut, ada sebuah gunung di Hawaii yang bernama Mauna Kea atau dalam bahasa lokal Hawaii berarti Gunung Putih ini memiliki ketinggian 10.000 m lebih jika dihitung dari dasar gunung itu sendiri yang menancap di Samudra Pasifik.
Puncak Mauna Kea jika diukur jika dari permukaan laut memiliki tinggi 4205 meter, namun jika memperhitungkan bagian bawah permukaan laut yang tersembunyi, ada kurang lebih 6 ribu meter lagi. Oleh karena itu, total ketinggian sebenarnya adalah 10210 meter, lebih tinggi dari Gunung Everest, hal ini diungkapkan United States Geological Survey (USGS).

Di Hawaii, Mauna Kea dan puncak bersaljunya menarik penikmat ski dan peselancar salju. Lereng landainya menjadi area populer bagi aktivitas berburu, mendaki, bertamasya dan menikmati pemandangan hewan dan alam. Dengan lokasi dekat ekuator membuat Mauna Kea termasuk dalam situs observasi astronomi terbaik. Tingkat kelembaban rendah dan langit yang cerah membuat kondisi cuaca dekat puncak gunung merupakan titik terbaik mengamati angkasa. Jarak gunung dari cahaya kota dan aturan pembatasan lampu juga membantu menyediakan pandangan sangat jelas bagi teleskop.

Mauna Kea saat ini menjadi rumah bagi 13 teleskop, termasuk Infrared Telescope Facility NASA, Caltech Submillimeter Observatory dan teleskop Subaru Jepang, sama halnya dengan teleskop Keck Interferometer, teleskop cermin-tunggal terbesar di dunia. Kamera web Pusat Cuaca Mauna Kea juga memberikan izin pada penikmat pemandangan online menjadi saksi observasi ruang angkasa untuk beraksi.

Ternyata masih ada gunung yang tingginya melebihi Monut Everest, meski teknik penghitungannya beda, namun tetap saja menambah pengetahuan kita akan kekuasaan Allah SWT. Dan jika anda berminat untuk berlibur di pegunungan, barangkali Mauna Kea cocok untuk liburan anda bersama keluarga :D

No comments:

Post a Comment

 

KENJI Sponsored by kentu